RSS

Herpetologi


Kalian tau, Herpetologi itu apa?

Herpetologi adalah ilmu yang mempelajari tentang herpetofauna, yaitu reptil dan amfibi. Dari asal katanya, herpetologi berasal dari bahasa Yunani, herpes yang artinya sesuatu yang melata (creep). Pengertian ini bukan hal yang dapat mendeskripsikan suatu hewan, tetapi orang-orang pada umumnya menganggapnya reptil. Pada dasarnya, reptil dan amfibi digolongkan dalam satu golongan karena mereka merupakan vertebrata darat yang termasuk tetrapoda berdarah dingin (poikiloterm) dan ektotermis, yaitu mengatur temperatur tubuh tergantung dari lingkungan. Cara mengaturnya dengan cara basking dan dengan bantuan temperatur air.

Herpetofauna sangat melimpah tetapi sebagian besar keberadaannya tidak diketahui karena penyamaran. Peranan herpetofauna sangat penting dalam ekosistem, yaitu sebagai mangsa penting, misalnya bagi rakun, tupai, dan burung, dan sebagai predator penting, misalnya untuk tikus dan serangga.

Amfibi memiliki kulit yang permeabel terhadap air dan gas yang digunakan untuk respirasinya. Sedangkan reptil memiliki kulit yang kering dan dilindungi oleh sisik, beberapa memiliki kelenjar. Herpetologi bermanfaat untuk kehidupan dalam bidang pendidikan dan juga kesehatan. Manusia menggunakan protein dan lipid dari beberapa ular untuk pengobatan.


0 komentar:

Posting Komentar