RSS

Cuma minta lho ini..


Entah kenapa tiap hari Jumat selalu aja ada tukang "minta-minta" di kampungku. Cara minta-mintanya tu ada berbagai macam cara.
1. Pake nyanyian yg gak tau itu lagu jaman kapan dan walaupun aku gak tau lagunya, aku yakin, nadanya gak sama dgn nada aslinya. Dan gak lupa ditambah tepuk tangan buat iringan musiknya.
2. "Assalamu'alaikum" yang khas banget suaranya. Belom liat orangnya aja aku dah yakin itu pasti orang yg itu.
3. "Dennn... sedekah denn...." pake suara yg memelas. Aku gak tau itu beneran melas atau akting saja. Yg jelas, namaku bukan Deni kok dipanggil 'den' :p

Entah apakah karena emansipasi wanita, yang bikin saya 'kagum', semua pelakunya adalah wanita (ibu-ibu). Mungkin umurnya lebih muda dari ibuku. Dan pakaiannya itu... emang sih gak matching sm warnanya. Ijo merah coklat. Tapi kalo pendapatku sih, bajunya itu tergolong bagus dan mulus. Dan tas nya itu sodara-sodara, kayak tas yang pernah aku liat di toko-toko gitu. Bahan kulit sintetis dan masih kinclong.

Pas kapan itu, setelah salah satu dari tiga ibu-ibu tadi 'minta-minta' di rumahku (udah aku kasih duit), eee dia ketemu sama ibu-ibu lain yang seperjuangan. Lalu mereka bersama-sama 'berkunjung' ke tetangga sebelah. Berhubung tetangga sebelah itu lagi di dapur (mungkin), jadi mereka menunggu agak lama. Mereka pun ngobrol dan aku nguping :D

Setelah diterjemahkan dalam bahasa indonesia:
A: "Mbak, kemaren aku beli lemari, pas dulu mbaknya beli harganya berapa?"
B: "Pas itu, aku beli lemari harganya sejuta-an. Lha mbaknya berapa?"
A: "Wah, dah naik ya ternyata. Aku beli dah hampir duajuta-an."
B: "Iya to? Oiya mbak, besok aku ngadain acara di rumah, mbaknya bisa dateng?"
A: "Acara apa?"
B: "Syukuran ulang taun anakku. Nanti mau ngundang temen-temen yang lain juga, tetangga sekitar juga."

Yang aku pikirkan hanya "WAOOW"

Aku jadi mikir ya, berapa sih pendapatan mereka.
Misal satu rumah aja seribu, terus mintanya misal ke satu RW yang isinya 6 RT. Satu RT ada 35 rumah. Jadinya... 6 x 35 x 1.000 = 210.000 rupiah. Itu baru satu RW, belom lagi satu kampung, atau beberapa kampung. Karena mintanya tiap hari Jumat, jadinya dikali 4 buat penghasilan sebulan. Berapa tuh??

0 komentar:

Posting Komentar