RSS

Late post: Ujung kuliah

Bulan Berkah.... Puasa Ramadhan kemarin rasanya terlewat begitu saja. Kurang greget gitu. Mungkin karena aku sibuk mengurus yang namanya skripsi. Semoga semua yang ku lakukan itu dihitung ibadah. Aamiin..

Dan setelah sekian lama..... Akhirnya sampai ujung juga.
Rasanya aku puas banget. Akhirnya dan akhirnya aku bisa menyelesaikan tantangan yang kubuat sendiri. Karena kesalahanku sendiri pula tantangan itu ada. Sudah cukup menyesakkan dada di awalnya, di pertengahan sudah mulai merasakan kejenuhan, tapi akhirnya aku bisa juga!!!

laboratorium dan laboratorium

Setelah melewati masa-masa menjenuhkan itu, akhirnya aku putuskan untuk menyudahi. Dan akhirnya lagi aku menuju jembatan ke arah ujung jalan.

muka maksa habis pendadaran
Di fakultas lain, mereka langsung mendapat kepastian kelulusan dan nilai yang didapat. Tapi, di fakultasku tidak. Setelah pendadaran sama artinya tahap "penggantungan" dimulai. Masih banyak revisian. Itulah kenapa senyumku maksa banget. Aku akan segera tahu lulus atau tidak setelah yudisium. Dan nilai akan muncul setelah pemberitahuan kelululusan. Itu penantian panjang walaupun hanya selisih beberapa hari.

Tapi -tapi..... Alhamdulillah, semua terlewati juga.

pra wisuda
4 tahun 10 bulan.
Tanpa predikat cumlaude, tapi sangat memuaskan. Ini adalah tantangan terberat yang telah kubuat sendiri. Tapi aku bisa melewatinya, walau dengan galau dan tangis.

wisuda tapi senyumnya tetep maksa
Senyum maksa, karena akan tahu, setelah ini aku bukan mahasiswa lagi. Dan setelah ini aku akan jadi apa dengan gelar S.Si. Ini sangat membebani. Mungkin akan aku kesampingkan dulu gelarku, aku akan mencari jati diriku lagi. Aku tidak mau lagi coba-coba, yang nantinya akan membuat tantangan insidental lagi.

Dan tanpa kuduga, dibalik itu semua, ternyata masih banyak yang sayang sama aku. Dukungan dan doa muncul satu per satu. Tak kusangka itu semua untukku. Mungkin beberapa hanya formalitas, tapi tetap saja tak kusangka aku mendapatkannya. :')

tak kusangka ini semua untukku

Pernah terlintas di benakku, tiap periode wisuda, aku selalu susah payah mencari bunga untuk sahabat-sahabatku. Apakah nanti saat aku wisuda, semua akan berbalik padaku? Mungkin tidak semuanya. Tapi ini cukup mengagetkanku. Bahagia tak terkira.

Seperti tema PPSMB ketika masih maba unyu-unyu, "Metamorfoself". Tantangan ini, perjalanan ini, persahabatan, kesetiaan, pertemanan, perselisihan, dan semuanya, ternyata memberiku pengalaman berharga. Dan pembelajaran hidup. Bahwa dibalik kejenuhan dan ketidaksenangan kita terhadap sesuatu, pasti ada sesuatu yang menyenangkan dan tak kan bisa dilupakan.

Metamorfoself 2009-2014
ahahahahaha.... perubahan ini... LOL
Terima kasih semuanya.... :)

0 komentar:

Posting Komentar