RSS

Tamu Bulanan Cewek

hai para cowok..
sudah sewajarnya kalian sabar dengan keadaan para cewek yang suka berubah mood..
apalagi saat si cewek ini lagi 'dapet'..

cewek itu punya banyak macam hormon yang sering berubah-ubah kuantitasnya, macam itu melebihi sekitar 2 x lipat dari hormon cowok.. O_O

Allah berfirman, "Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, haid itu penyakit. Maka, jauhilah wanita ketika sedang haid dan jangan dekati mereka sampai mereka suci."
(Al-Baqarah : 222)

Bagi cewek itu, masa-masa lagi 'dapet' tu masa yang paling gak menyenangkan. Jangan anggap, cewek kalo lagi 'dapet' tu seneng gara-gara gak sholat, gak puasa.. Kalo pas puasa Ramadhan gitu, masa-masa yang pingin gak terjadi ya cuma pas lagi 'dapet' itu. Karna harus nyaur puasa di hari luar Ramadhan. Dan gak bisa full menikmati indahnya Ramadhan.. hiks hiks.. Tapi ya itu kan emang harus terjadi, jadi ya cewek harus menerima siklus alamiah itu.

Pas haid juga, cewek tu ngrasa gak nyaman sama diri sendiri, soalnya, terjadi banyak goncangan emosi yang gak stabil. Itu tu diakibatkan karena hormon-hormon yang sering berubah-ubah tadi itu..

Beberapa perubahan yang disertai beberapa keanehan tertentu saat cewek lagi haid:
1. Menurunnya daya tahan panas dalam tubuh. Dan keluarnya panas dari dalam tubuh semakin bertambah sehingga derajatnya semakin menurun.
2. Tekanan darah menurun dan jumlah sel pun berkurang. Ini gawat buat yang anemia, jadi sering pingsan.
3. Terjadi gangguan pada cairan kelenjar endoktrin dan juga amandel.
4. Perasaan jadi tidak menentu dan badan rasanya jadi malas.
5. Daya ingat dan konsentrasi jadi ikut menurun. Wah, wah ini berpengaruh banget kalo terjadi pas lagi ujian. Aku juga sering mengalaminya.
6. Selera makan jadi tidak menentu. Kadang males makan, tapi bisa aja mendadak jadi kelaparan super duper kayak gak makan setahun.
7. Pencernaan makanan kurang berfungsi dengan baik. Ini kasihan buat penderita maag seperti aku. Jadi sering kumat.
8. Melemahnya kekuatan bernapas yang disertai dengan terganggunya alat komunikasi pada tubuhnya, terutama suara. Jadi suka males ngomong gitu. Ya karena napasnya gak teratur.
9. Nah ini bagian sensitif, payudara jadi semakin peka, terasa berat, dan nyeri, karena perubahan tingkat hormon.
10. Timbul jerawat di wajah dan punggung karena kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Jangan heran kalo cewek lebih banyak punya jerawat. hehehe..
11. Sakit kepala, cepat lelah, dan sering nyeri pinggang.
12. Suka merasa sedih, murung, dan mudah tersinggung. Nah ini penting bagi para cowok, jangan lah kalian suka membuat jengkel cewek terutama saat lagi 'dapet'.
13. Sering berkeringat. Tapi sepertinya ini tergantung orangnya sih.
14. Rasa sakit pada bagian bawah perut, bisa sampe kram atau kejang. Ini selalu dialami para cewek, begitu juga aku. Tapi ada beberapa yang tidak begitu merasakannya. Ini bisa diantisipasi dengan minum paracetamol. Pasti kram nya hilang setelah beberapa saat :)
15. Untuk yang berumur lebih dari 30 tahun, biasanya mengalami tekanan darah tinggi dan denyutan jantung yang lebih kencang, karena gula dalam darah semakin berkurang. Berat badan bertambah hingga 1 kg atau lebih saat menjelang haid, itu disebabkan karena tubuh terkadang menyimpan air lebih banyak daripada biasanya.

Betapa beratnya jadi cewek, harus mengalami masa-masa tak menyenangkan itu. Baru haid aja dah kayak gitu, blm lagi kalo mengandung, melahirkan, menyusui, merawat anak dan suami.

Untuk para cewek, kita ini diciptakan sebagai perhiasan di muka bumi ini, maka jangan sia-siakan keistimewaan itu dengan hal-hal yang melanggar. Kita tidak mungkin diberi oleh Allah SWT dengan segala macam tamu seperti haid itu kalau kita tak sanggup menghadapinya. Bayangkan kalau cowok yang mengalaminya, jadi apa bumi ini.. hehehehe...

Untuk para cowok, mengertilah tentang apa yang dialami cewek. Jangan semena-mena memperlakukan cewek semaumu. Aku yakin, cewek akan menghormati cowok kalau cowok menghormati kami, kaum cewek.

Hehehehe.. bukannya aku menggurui, aku cuma pingin curhat aja.
Semoga ini bermanfaat :)

Dapus:

1 komentar:

  1. jauhi wanita yg sedang haid . =) nice tips.

    -izuru

    BalasHapus